Manfaat Jaringan dan Internet

Kita memasuki era globalisasi yang dan jaringan menjadi salah satu tulang punggung tersebut, dimana sebelumnya setiap perangkat komputer mendapatkan komponen tambahan misalnya: Printer, pertukaran data melalui media penyimpanan seperti Disket 3″ atai 2.5 “. Pengguna kertas yang banyak sehingga menjadi sampah kantor atau penyempit meja ataupun ruang kerja kita. Nah, berikut adalah manfaat apabila kita menggunakan jaringan komputer:

  1. Communication, mengurangi frekuensi mencetak kertas dan memperbanyak media penyimpanan,  dengan adanya jaringan komputer komunikasi sudah dapat melalui: e-mail, chat dsb.
  2. Sharing: diartikan setiap komputer dapat berbagi sumber daya (sharing resources), misalnya:
    • Printer, era sebelumnya setiap komputer memiliki satu printer untuk mendukung aktivitas karyawan dan sekarang tidak lagi, karena dengan jumlah komputer yang banyak masih bisa menggunakan satu printer untuk sharing dengan komputer lain.
    • Fax, sudah dapat dilakukan melalui software yang terinstal dalam komputer hanya perlu line-telephone yang terhubung dengan jaringan dan printer dengan fasilitas multifungsi yaitu: printer, fax scan dan copy.
    • Internet, koneksi internet sebelumnya satu modem + line telephone,  perubahan saat ini satu line internet dapat sharing lebih dari dua komputer selama terhubungan dengan jaringan kita.
    • Program, perkembangan mulai dari aplikasi berbasi dekstop kini beralih ke Web-base  sehingga  satu program atau aplikasi yang dikembangkan dapat digunakan lebih dari  satu komputer.
    • Files and Server, memberikan solusi dari penuh nya meja kerja dari banyaknya kertas yang di cetak atau print. Dengan adanya fasilitas ini hanya perlu media penyimpanan dengan kapasitas besar untuk menampung  file-file tersebut dalam bentuk soft-copy, sehingga diprint apabila pada saat diperlukan saja.
  3. Centralized administration, Pengelolaan sumber daya komputer secara terpusat  melalui satu jaringan client-server adalah sebuah solusi yang dibutuhkan diera saat ini,
  4. Centralized Security, sebagai salah satu kontrol pemanfaatan sumber daya komputer dalam sebuah instansi atau lembaga.
  5. Data Intergration, merupakan bagian dari files and sharing distribusi atau penyebaran data ke komputer yang berada dalam jaringan tersebut.
  6. Cost Efficiency,  mengurangi frekuensi pengeluaran untuk biaya pengadaan perangkat keras (Hardware)  dan perangkat lunak (Software).
  7. Times and Energy Efficiency, dapat menghemat waktu dan tenaga yang biasanya digunakan untuk berpindah tempat sekedar untuk berkomunikasi antar sesama.
  8. Work-group,  kemampuan untuk bekerja secara berkelompok.
  9. Increase your productivity,  dengan manfaat yang sebelumnya telah disebutkan selanjutnya adalah produktivitas yang meningkat.

Yup demikian ulasan manfaat dari adanya jaringan  & internet yang dapat tuangkan dalam blog ini.

Leave a comment